Rabu, 28 Desember 2011

DESAIN 10: REVISI PEMBELAJARAN


Setelah  dievaluasi oleh ahli, dan dilakukan uji coba maka dalam setiap langkah evaluasi dan uji coba dilakukan revisi jika dibutuhkan. Revisi tersebut antara lain meliputi keterampilan dasar, perumusan tujuan khusus, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Revisi secara total terhadap sebuah desain jarang
terjadi jika desain tersebut dirancang dengan baik dan teliti, hingga biasanya revisi terhadap sebuah desain di lakukan hanya sedikit.
Setelah mengikuti pembuatan desain ala Dick dan Carry ini, baru terbayang kan ternyata RPP yang selama ini kita buat ternyata hanya sebagian kecil saja dari sebuah desain yang lengkap. RPP yang dibuat hanya milik otoritas guru sebagai pembuat, kepala sekolah hanya mengetahui, dan pengawas pun yang nota bene belum tentu lebih tahu dari pada guru hanya memeriksa secara administrasi saja. Padahal dalam pembuatan desain sangat membutuhkan ahli-ahli yang  kompeten sehingga desain dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya yaitu ahli desain, ahli materi, dan ahli media pembelajaran.
Semoga dengan lahirnya profesionalisme guru, desain dapat dibuat dengan sebaik-baiknya dan guru diharapkan benar-benar merupakan bidang profesi yang harus ditekuni, dimana kesalahan dalam pembelajaran dapat didiagnosis dan ditemukan penyebab sakitnya serta ditemukan obat yang tepat. Semoga tulisan ini bermanfaat jika ada komentar tolong tinggalkan komentar, saran, kritik, atau apa saja demi perbaikan postingan ini. Terima kasih dan sampai jumpa pada naskah yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon agar setiap pengunjung memberi komentar atas konten terkait, di tunggu ya trims