Sabtu, 24 Desember 2011

MODEL PEMBELAJARAN: DEFINISI DAN KOMPONEN


Model pembelajaran menurut Reigeluth (1983:21) merupakan komponen-komponen strategis pembelajaran yang terintegrasi, termasuk didalamnya antara lain ide/gagasan pembelajaran yang dirangkaikan dengan cara tertentu, penggunaan tinjauan umum dan rangkuman-rangkumannya, penggunaan contoh, latihan, dan penggunaan berbagai strategi untuk memotivasi siswa. Model pembelajaran diumpamakan sebagai blue print seorang arsitek yang  menunjukkan berbagai aspek yang harus ada pada sebuah bangunan.  Sehingga model pembelajaran memberikan petunjuk bagaimana suatu pembelajaran dibawah kondisi tertentu dangan tujuan tertentu dilakukan. Dari pernyataan ini, dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang dirancang menggunakan sebuah model, tentu telah tergambar aspek-aspek yang ada dalam pembelajaran seperti pemberian motivasi, langkah-langkah pembelajaran hingga penilaian pembelajaran oleh seorang desainer.
            Istilah model juga dijelaskan oleh Joyce dan Weil dalam Winataputra (2001) yang menyatakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar  untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran  dan guru dalam merencanakan  dan melaksanakan pembelajaran.  Model pembelajaran terdiri dari komponen sintakmatik (tahapan), sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak pembelajaran yaitu dampak instruksional dan dampak pengiring.
Kedudukan model pembelajaran dalam desain pembelajaran Dick and Carey (1985) tidak disebutkan secara langsung namun terletak dalam langkah ke-6 yaitu Pengembangan Strategi Pembelajaran. Strategi pembelajaran terdiri dari seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, sehingga model merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran terdiri dari lima komponen utama yaitu kegiatan pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes dan kegiatan tindak lanjut.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon agar setiap pengunjung memberi komentar atas konten terkait, di tunggu ya trims