Secara sederhana strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan seorang guru untuk membelajarkan peserta didiknya dalam rangka menguasai sebuah keterampilan. Strategi merupakan cara yang masih konseptual sehingga perlu dipecah kembali pembahasannya ke dalam sebuah pendekatan, model, dan metode atau teknik pembelajaran.
Pendekatan dalam pembelajaran terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan yang berpusat pada guru aktif (teacher centered) dan siswa aktif (learner centered). Perbedaan mendasar pada kedua pendekatan ini terletak pada bagaimana informasi atau sebuah keterampilan diperoleh siswa. Penggunaan pendekatan pada sebuah pembelajaran akan berpengaruh pada pemilihan model dan metode dalam pembelajaran, serta akan memberikan hasil yang berbeda pada proses dan hasil pembelajaran.
Model yang dipilih disesuaikan dengan karakter siswa dan karakter materi pembelajaran. Model pembelajaran (silahkan baca posting tentang model pembelajaran) telah memiliki langkah-langkah yang telah ditentukan sesuai hasil kajian dan penelitian penemunya. Sedangkan metode merupakan bagian terkecil dalam penyusunan sebuah strategi pembelajaran.
Proses pembelajaran terdiri dari tiga langkah utama yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari pemberian motivasi, tes EB atau pre test, dan klarifikasi tujuan. Dick dan Carry sendiri menambahkan alokasi waktu, kegiatan guru, dan kegiatan siswa merupakan bagian dari strategi pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon agar setiap pengunjung memberi komentar atas konten terkait, di tunggu ya trims