Selasa, 27 Desember 2011

DESAIN 5: MERUMUSKAN TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN


Kalau langkah yang ini sudah biasa dilakukan oleh semua guru dan ini bukan merupakan hal yang sulit. Tujuan khusus pembelajaran dirumuskan setelah dilakukan analisis keterampilan bawahan. Tujuan khusus pembelajaran dirumuskan melalui formula
ABCD yang merupakan singkatan dari A adalah audience: peserta didik, B adalah behavior: perilaku atau keterampilan yang akan dikuasai oleh peserta didik, C adalah condition: kondisi atau proses yang dirancang seorang guru, dan D adalah degree: tingkatan penguasaan keterampilan.
Dari salah satu keterampilan bawahan yang dirumuskan misalnya menimbang bahan untuk membuat roti bolu, dapat dirumuskan tujuan khusus pembelajaran yaitu  peserta didik terampil menimbang bahan dalam membuat bolu dengan teliti setelah diberi contoh. Maka dapat dibuat formulanya sbb
A = peserta didik (dalam hal ini ibu-ibu anggota PKK)
B = terampil menimbang bahan
C = setelah diberi contoh
D = dengan teliti
Ternyata tidak begitu sulit, coba rumuskan tujuan khusus yang lain pada keterampilan membuat bolu, tambahan kondisi yang dirumuskan nantinya akan mempengaruhi strategi dan penggunaan media dalam pembelajaran ( bersambung pada langkah berikutnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon agar setiap pengunjung memberi komentar atas konten terkait, di tunggu ya trims