Selasa, 27 Desember 2011

DESAIN 2: MENGIDENTIFIKASI TUJUAN UMUM PEMBELAJARAN


Bagi seorang guru mengidentifikasi dan merumuskan tujuan umum pembelajaran sudah menjadi rutinitas dan hal yang biasa, sehingga bukan barang aneh. Untuk membuat hal ini menjadi aneh, cobalah membuat
desain pembelajaran yang tidak atau belum pernah dilakukan sebelumnya, misalnya desain pembelajaran tentang keterampilan menjahit, keterampilan membuat bolu, atau keterampilan menggunting rambut. Nah ...kalau sudah begini baru ketahuan ternyata mengidentifikasi dan merumuskan tujuan umum pembelajaran ternyata juga membutuhkan pemikiran.
Untuk mengawali sebuah desain yaitu menentukan tujuan umum pembelajaran, seorang guru harus melakukan sebuah kegiatan yang tujuannya untuk mengetahui keterampilan apa yang dibutuhkan. Kegiatan ini disebut dengan “need assesment”. Secara lengkap need assesment adalah prosedur untuk menilai kebutuhan  yang ada pada sebuah sekolah atau masyarakat yang membutuhkan  dan dari hasil dari assesment tersebut dicari sebuah solusi. Dari sudut siswa, need assesment dilakukan oleh seorang guru untuk mencari sebuah permasalahan atau kebutuhan dalam pembelajaran.
Need assesment bisa juga disebut sebagai penelitian awal sebelum dilakukan pembelajaran, dapat dilakukan antara melalui wawancara, angket, kuiseoner, maupun pengamatan. Hasil dari penelitian awal atau need assesment dikaji apa yang dibutuhkan oleh siswa atau calon siswa dan apa yang harus dilakukan oleh seorang guru.
Terbayang begitu saja satu buah pertanyaan, begitu pentingkah tujuan pembelajaran, sehingga harus diidentifikasi, dirumuskan, bahkan diteliti melalui kegiatan “need assesment”segala? Yups tujuan umum pembelajaran ini sangat penting artinya karena ini nanti akan menjadi sesuatu yang mereka pelajari dan mereka kuasai di dalam pembelajaran. Atau dengan jawaban yang sederhana dapat dijawab “lha kan mereka datang untuk belajar, apa yang mereka pelajari, tentu saja keterampilan atau kompetensi...nah ketemu kan bahwa keterampilan atau kompetensi itu lah yang di sebut sebagai tujuan umum pembelajaran.
Lebih lanjut tujuan umum dalam pembelajaran nanti akan berperan dalam menentukan antara lain 1) materi pembelajaran, 2) indikator pembelajaran, 3) strategi pembelajaran, 4) media pembelajaran, 4) tujuan khusus pembelajaran,  5) butir tes, 6) keterampilan bawahan dan 7) domain pembelajaran. Nah sekarang mari mencoba mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran membuat roti bolu untuk kegiatan ibu-ibu PKK, yaitu peserta didik termpil membuat roti bolu...(bersambung ke langkah kedua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon agar setiap pengunjung memberi komentar atas konten terkait, di tunggu ya trims